Review - Oishi Jungle by Erlita Pratiwi

November 19, 2016


Sumber Foto : Google

Judul Buku : Oishii Jungle
Penulis : Erlita Pratiwi
Penerbit : Grasindo
Desainer Sampul & Ilustrasi : Agrietia Agusti
Penata Isi : Yusuf Pramono
Kategori : Novel
Terbit : 2014
ISBN : 978-602-251-489-3
Rating : 5/5

BLURB

Terkadang kita memerlukan kehadiran wisatawan asing untuk bisa melihat dan menyadari keindahan negeri kita.

 Demi menonton drama Kabuki di Kabuki-za Tokyo, Shasa bersusah payah mewujudkan keinginan sekaligus menjawab tantangan Akiko --- berpetualang ke tempat yang tidak akan terlupakan seumur hidup.



 Dibantu Era, partner in crime-nya, dan Heru, teman sejak SMP, Shasa membawa Akiko dan Kenji berpetualang melihat kehidupan orang utan di pedalaman Kalimantan. Tepatnya di Taman Nasional Tanjung Puting Bagi Shasa yang terbiasa berlibur ke luar negeri dengan fasilitas bintang lima, liburannya kali ini benar-benar menguji mentalnya Di Pulau Borneo, semuanya serba berbeda.

 From a big city to the jungle, apakah sebuah ikatan persahabatan akan mampu menjadi sumber energi bagi Shasa untuk mengatasi semua kesulitannya?

ULASAN

Shasa adalah gadis yang suka berpetualang ke Negeri orang, dan tidak mengetahui sedikit pun tentang pedalaman di Indonesia. Era adalah partner Shasa yang suka berpetualang di daerah pedalaman, yang sangat mencintai keindahan alam di tanah air.

Dulu Shasa memiliki tetangga orang Jepang yaitu Akiko, dan Akiko adalah perempuan yang sangat mencintai Indonesia. Sehingga Akiko membuat tantangan untuk Shasa, dan apabila ia bisa memenuhinya, Akiko akan memberikan tiket nonton Kabuki di Tokyo.

Karena Shasa sangat ingin mendapatkan tiket itu, ia pun menerima tantangan Akiko. Dengan tantangan mencarikan destinasi tempat yang pas dan cocok untuk Akiko kunjungi. Maka, tentu saja Shasa harus meminta bantuan kepada Era, ia yang paling mahir mencari destinasi yang tidak pernah terlupakan di Indonesia.

Kemudian, Era memberi list beberapa destinasi yang luar biasa yang ada di Indonesia. Dan pada akhirnya, Akiko pun memilih untuk berkunjung ke tempat di daerah Kalimantan yaitu Tanjung Puting.

Lalu, Era terpikirkan oleh temannya sewaktu SMP yang tinggalnya di Daerah Pangkalan Bun. Namanya adalah Heru. Menurut informasi yg diperoleh Era dari Heru, untuk mencapai Pangkalan Bun hanya bisa menggunakan perahu kelotok dan harus bermalam disana.

Shasa yang biasanya pergi dengan pesawat dan selalu bersenang-senang dengan keadaan luar Negeri. Tetapi saat ini, ia harus bermalam di perahu, berjalan berkilo-kilo hanya untuk tiket menonton Kabuki di Tokyo.

Dan Ibunya Shasa pun tidak akan memberi sepeser uang, jika anaknya bukan berlibur ke luar Negeri? Lalu bagaimana Shasa bisa mendapatkan uang? Dan bagaimana perjuangan Shasa ketika harus menaiki perahu kelotok?

Silahkan dibaca, agar bisa mengetahui kisahnya. Buat kalian pecinta alam maupun tidak, kisah ini sangat menginspirasi untuk kita dan terutama membuat saya ingin segera pergi piknik, hehe.

Menurut saya pribadi, ceritanya ini sangat luar biasa. Sebagian besar kita orang Indonesia, lebih tahu dan sangat ingin tahu bagaimana keadaan luar Negeri. Sehingga kita kadang melupakan bahwa keindahan Negeri kita ini sangatlah luar biasa.

Dan menjadi sebuah tamparan, khususnya untuk saya sendiri. Bahkan, perempuan Jepang pun yang berusaha ingin tahu bagaimana keindahan Indonesia. Lalu kita? Hanya selalu sibuk tidak ingin kalah dengan perkembangan di luar Negeri?

'Terkadang kita terlena dengan kesempurnaan yang mereka miliki, sehingga melupakan kesempurnaan yang ada di sekitar kita; yang kita miliki.'


-Mei Purple-
Jakarta, 19 November 2016.
#OneDayOnePost

You Might Also Like

8 komentar

  1. Terima kasih reviewnya 😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masama, hihi senengnya dikunjungi penulis kece😍
      Maap yaa reviewnya ga sempurna wkwk😁

      Hapus
  2. Wuih, ketjeh put 😆👍✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii ka..
      Ehh btw, ini siapa? Makasi loh udah mampir. Hihi

      Hapus
  3. Bukunya bikin penasaran sih ya karena ada orangutannya. Penasaran sama interaksi tokoh2nya dan petualangannya di Kalimantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru deh sumpah, orang utannya narsis loh haha. Baca ka baca wkwk

      Hapus

Popular Posts

Instagram