Fighting!!

Januari 30, 2017

One Day One Post, terkadang aku merasa malu menggunakan hastag tersebut. Kacau! Kacau sekali yang terjadi pada diriku saat ini. Ketika aku berkomitmen untuk masuk ke salah satu komunitas itu artinya aku memikul amanah. Tetapi, aku malah lalai! Bagaimana ini?



Seperti One Day One Juz, mau tidak mau. Sesibuk apa pun. Aku harus selesai satu juz. Satu juz saja aku mampu, namun kenapa akhir-akhir ini aku malah kesulitan dalam menghasilkan satu tulisan dalam sehari? Ada apa gerangan?

Entahlah, mungkin ada sesuatu yang mengganggu pikiran ini. Sehingga sukit sekali untuk menghasilkan satu tulisan saja. Payah! Sangat payah! Bagaimana bisa menulis dengan renyah. Kalau untuk menghasilkan tulisan dalam sehari saja kesulitan!

Ayolah, Put! Hidup ini harus tetap berjalan. Jangan hanya karena suatu masalah dirimu larut dalam kepiluan itu! Ah, menyebalkan!

Hidup ini bukan masalah bagaimana hasilnya, tetapi bagaimana proses ketika kita mendapatkannya. Maka dari itu, mengapa sebuah proses itu teramat menyulitkan!

Menulis sama halnya dengan hijrah ini. Memulai menulis, saat kali pertama masuk ODOP. Itu mudah sekali. Semangatku begitu membara. Juga memulai saat kali pertama hijrah, badai terus menghadang.  Namun, karena semangat yang masih membara apa pun terlewati dengan mudahnya.

Ya, memulai sesuatu itu sulit. Namun, ada yang teramat sulit. Yaitu, mempertahankannya. Ya, mempertahankan sesuatu yang sudah kita mulai, itulah yang teramat sulit! Ketika saat itu terjadi, maka ingatlah apa alasan kita memulai?!

Istiqomah, konsisten. Itu adalah hal yang teramat sulit. Badai itu terasa berlipat-lipat lebih besar dari awal kita memulai. Dan.., ketika kita sudah mulai tak semangat seperti di awal, juga sudah lemah dan tak sekuat waktu di awal.

Alhasil, jatuh. Terjatuh ke bawah. Itulah yang kurasakan, mungkin. Namun, tidak seharusnya aku makin meratapi yang ada di bawah ini, agar aku tidak terjatuh semakin dalam. Aku harus berusaha memanjat ke atas, untuk kembali berjuang lebih keras lagi. Agar badai besar itu bisa terlewati dengan baik. Dan jiwa yang semakin tangguh. Semoga saja.

#ODOP

You Might Also Like

3 komentar

  1. Tetap semangat ya Dek. Aku malah jarang pake hastag itu. Moga dimaafkan juga oleh admin hehe

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram