So Bad!

Februari 21, 2017

Akhir-akhir ini, kesulitan untuk nulis. Ide rasanya mandek pergi entah kemana. Alhasil, jarang nulis, bahkan nyari nggak pernah lagi.



Big break. Kenapa bisa big break? Oke, mungkin akan saya coba ingat-ingat dan berdamai dengan hati bertanya apa sebenarnya kendalamu?

1. Kurang piknik.
Kenapa saya bilang ini pada nomor satu? Entahlah, saya rasa ini masalah terbesarnya. Ketika pikiran yang tiap hari dipenuhi dengan masalah di kerjaan, rumah, kuliah, dan lainnya. Bayangkan tiap bulan akan betapa rumitnya hati melihat pikiran yang dirundung masalah dan beban sebanyak itu? Itulah sebabnya, mengapa saya bilang kita harus piknik. Whatever, piknik nggak harus yang mewah dan mahal kok. Buat bisa berdiam diri di pantai, atau menghirup udara segar pun sudah lebih dari cukup untuk seorang penulis.

2. Kurang peka.
Kita harus lebih membuka seluruh panca indera, yaitu mata dan telinga. Melihat sekitar dan menangkap ide yang berkeliaran, juga jangan biarkan ada penghalang antara penulis dan ide. And then, itu nggak gampang. Buat saya pribadi pun kesulitan. Saya memang kurang peka. Dan belum bisa memecahkan yang satu ini, ahaha.

3. Kurang baca.
Katanya sih. Tetapi saya adalah seorang yang selalu baca novel. Dan menempatkan sebagai pembaca saja, itulah kesalahannya mungkin. Karena seorang penulis, seharusnya harus profesional. Harus bisa menempatkan posisi sebagai pembaca namun juga sebagai penulis.

4. Meremehkan ide kecil.
Ini nyaris selalu terjadi. Saat saya bete lelah dan penat keseharian, biasanya memutuskan untuk mendengarkan lagu menggunakan headset. Kalian tau apa yang terjadi? Nyaris begitu bejibun ide yang mampir ke otak saya. Tetapi apa? Saya hanya kepalang lelah, dan ikhlas membiarkan dia pergi begitu saja. Alhasil, hilanglah ide kecil yang mungkin merupakan sebuah puzzle hal yang luar biasa.

5. Terlalu nggak pede
Ini benar adanya, ahaha. Kalau kita nggak pede, nggak akan pernah ngepost. Terkadang selalu saja terbesit di benak saya bahkan nyaris selalu. Ingin menulis, dan menghasilkan tulisan yang bagus. Namun, kapan jika menunggu bagus? Hmm, intinya. Jangan pernah tunda untuk mengepost tulisan, ini fakta dan terjadi pada saya. Alhasil, tulisan itu hanya menuhin file!

So, mungkin ini saja menurut saya alasan yang terasa. Juga sulit untuk ditangani. Bagi kalian yang bisa menjawab, saya sangat mengharapkan. Sekian, terimakasih.


#BigBreak

You Might Also Like

4 komentar

  1. Bener. Setuju dengan nomor 5. Kita kadang dihantui dengan "cara menulis yang baik dan benar". Padahal seharusnya tidak perlu ditakuti...

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram