Niatkan Segala Kebaikan di Bulan Ramadhan

Juni 07, 2017





Menulis di Bulan Ramadhan, bisa? Tentu saja bisa, jika memang niat.

Pada bulan yang penuh berkah ini setiap perbuatan baik akan dilipatgandakan. Lalu? Apa alasannya untuk tidak menulis?

Dalam sebuah hadits yang artinya "Sampaikanlah walau satu ayat." Itu sebuah kebaikan, bukan? Ketika kita bisa berbagi kebaikan melalui tulisan yang insyaAllah dilipatgandakan pada bulan Berkah ini.

Lalu? Apa alasannya kita atau tepatnya saya masih kesulitan untuk selalu menulis di bulan Ramadhan ini? Berikut, saya akan coba paparkan:

1. Target Amalan Sunnah.
Apa itu target amalan sunnah? Sunnah itu "Ketika dikerjakan mendapat pahala, ditinggalkan tidak mengapa." Eits, dirubah ya sekarang. "Ketika dikerjakan mendapat pahala, ditinggalkan maka merugi." Lho kenapa diganti? Gini, apa sajakah amalan sunnah itu? Seperti tadarrus, shalat rawatib. Yakin? Jika meninggalkan tadarrus itu tidak apa apa? Ya, benar. Tidak mengapa. Tetapi, kita termasuk orang yang merugi. Tidak mampu memanfaatkan waktu dengan baik. Termasuk di bulan berkah ini, pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka tertutup rapat. Tidakkah ada keinginan untuk menambah pahala dengan melakukan kebaikan agar kelak mendapat Jannah-Nya? Siapa yang tidak ingin?

2. Kebanyakan Berpikir.
Berpikir sebelum menulis itu perlu. Dalam sebuah hadits yang artinya "Berbicara baik atau diam." Menulis termasuk perwakilan kita berbicara untuk masyarakat luas, bukan? Ya, tentu perlu dipikiran dengan sebaik mungkin. Namun, terkadang kita terlalu sibuk ingin menulis yang istimewa di bulan yang istimewa ini. Tentu mau bukan menghasilkan tulisan istimewa? Ya, semua orang pasti ingin hasil terbaik. Tetapi, kembali lagi. Ketika kita menunggu kesempurnaan hadir dalam tulisan kita, lalu kapan kita akan berani memulai dari yang terburuk? Karen sejatinya kesempurnaan pun hanya milik Allah semata :) so, menulislah tanpa harus takut tidak istimewa.

3. Sibuk Urusan Dunia.
Hai, hai. Inilah yang berbahaya. Jangan sampai urusan akhirat tergeser hanya karena Dunia (Nau'dzubillah). Kita semua pasti mempunyai kegiatan rutin, atau tuntutan kerjaan yang senantiasa harus dilakukan. Untuk mendapatkan nafkah halal, lalu salahkah kita melakukannya? Tentu saja tidak, itu merupakan ibadah jika diniatkan karena Allah Ta'ala. Namun begini, pada bulan yang Berkah ini segala kebaikan dilipatgandakan. Perbanyaklah hal-hal membuatmu semakin dekat dengan Allah. Seperti membaca Al-Qur'an contohnya. Terkadang hanya karena deadline yang menumpuk, tekanan atasan yang menjadi-jadi membuat kita lupa akan hal itu. Jika hal itu saja terlupakan, apalagi untuk menghasilkan sebuah tulisan? So, ketika kamu menulis untuk kebaikan. Jangan lupa terlebih dulu membaca Al-Qur'an agar ide dan imajinasi kita Allah bukakan menjadi seliar mungkin :) dan jangan lupa niatkan semuanya karena Allah :)

Mungkin sekian pemaparan dari saya, mohon maaf jika ada salah kata. Kekurangan datangnya dari saya, dan kesempurnaan hanya milik Allah semata :)
Terimakasih ^^

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Instagram