Nyari Batik Terlengkap dan Terjangkau? ITC Permata Hijau Aja!

Juni 28, 2017

Hai, Everybody! Apa yang kalian pikirkan saat mendengar kata 'batik'? Akankah kalian beranggapan batik terlalu kuno dan ketinggalan zaman untuk dikenakan anak muda zaman sekarang?

Jika kalian jawaban iya, mari simak cerita ini!

Benar, batik adalah warisan Indonesia yang telah turun temurun dari abad ke abad. Karena sejatinya batik memang ciri khas Indonesia. Nah, akankah sesuatu yang merupakan warisan budaya bangsa ini layak dianggap sebagai sesuatu yang kuno?

No, no, no. Perlu kalian ketahui, di era modern ini. Justru banyak perusahaan-perusahaan yang di bawah naungan Pemerintah atau pun swasta, sudah membudayakan mengenakan batik di satu hari spesial.

Saya beri contoh, PT Astra grup. Yaps, Astra Internasional (AI) itu adalah pusat dari seluruh PT Astra. Adakah yang tidak mengetahui PT Astra? Astra adalah perusahaan swasta terbesar nyaris di nusantara. Hingga saat ini, PT Astra grup serentak mewajibkan karyawannya untuk mengenakan batik setiap hari Jum'at.

Karena apa? Karena untuk menghargai budaya Indonesia dan melestarikan batik yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Juga tentu saja, agar kita tidak melenyapkan ciri khas Indonesia yang sebenarnya.

So, hilangin deh anggapan buruk kalian tentang batik. Mulai dari sekarang!

Batik itu ada jenis apa aja sih? Lalu apa sih bedanya?

Nah, Batik itu memiliki tiga jenis, yaitu: Batik cap, batik printing, batik tulis.

- Batik Cap
Batik cap ini memiliki proses pembuatan yang tidak begitu sulit. Karena menggunakan sebuah canting, canting tersebut bisa di di bilang mirip dengan stempel. Namun, terbuat dari tembaga yang dimensinya lebih besar.
Hasil gambar untuk BATIK cap
Batikannur.com

-Batik Printing
Nah, di era modern ini. Zaman semakin bertumbuh pesat, sehingga teknologi pun semakin canggih. Termasuk dalam pembuatan kali ini, produksi batik printing ini seperti halnya pembuatan spanduk/kaos, atau printing mesin pabrik. Sehingga, waktu yang dibutuhkan relatif singkat.

Hasil gambar untuk BATIK printing
Pinterest.com
-Batik Tulis
Inilah pembuatan batik yang teramat sulit. Corak batik yang dihias menggunakan tangan, karena itulah membutuhkan waktu yang relatif lama kurang lebih 2-3 bulan.
Hasil gambar untuk BATIK tulis
Tokopedia.com

Perbedaanya:
-Batik cap termasuk yang termurah, karena pembuatannya yang relatif singkat juga tidak begitu sulit. Caranya seperti halnya menggunakan stempel.
Hasil gambar untuk BATIK cap
Wego.co.id

-Batik printing, memiliki harga yang standar. Karena bisa dibilang pembuatan ini mengikuti motif batik yang sudah ada. Sehingga, tidak begitu memakan waktu yang lama. Dan, batik printing jika di balik kainnya dan terasa, motifnya tidak timbul.
Hasil gambar untuk BATIK printing
Youtube.com

-Batik tulis, inilah batik termahal. Dimulai dari pembuatannya yang memakan waktu yang lama dan sangat sulit. Seseorang yang menghiasnya harus dengan penuh jiwa kesenian. Sehingga, melahirkan nilai estetika yang tinggi. Itulah sebabnya batik ini relatif sangat mahal. Dan, batik tulis sebaliknya dari batik printing. Di balik kainnya dan terasa, motifnya timbul.
Hasil gambar untuk BATIK tulis
Bintang.com

Kemana sih kita harus mencari pusat  perbelanjaan batik terlengkap?

Nah, kalian tidak perlu jauh-jauh ke Pekalongan, Cirebon, atau kota-kota lainnya. Ibukota Jakarta telah memiliki pusat perbelajaan batik terlengkap, berkualitas, dan termurah. Emang ada ya? Yap, tentu. Ada dong. Tepatnya, di Grand ITC Permata Hijau Jalan Letjen Supeno (Arteri Permata Hijau) No. 34, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Tempatnya pun sangat strategis, jika menggunakan bus Transjakarta, anda bisa turun di halte Permata Hijau.
www.monicaanggen.com

www.monicaanggen.com

Kenapa sih Harus di Grand ITC Permata Hijau?

Gini, di Grand ITC Permata Hijau di Lantai 2, itu sudah banyak beroperasi bermacam-macam gerai yang menyediakan batik sesuai selera anda. Karena disana sudah menjadi Pusat perbelanjaan batik terlengkap di Jakarta.

Dan, ini lho yang penting! Bukan hanya menyediakan batik terlengkap, kualitas terbaik saja. Tetapi, disana juga memberikan harga yang sangat terjangkau. So, masih butuh alasan lagi untuk kesana?
www.monicaanggen.com


So, tunggu apa lagi? Untuk kalian pemburu batik, silahkan segera kesana ya!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Iput keren..tumben bikin review...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, ini karna lomba ae kawid. *tutupmuka ahahha

      makasii kawid yang lebih kece:)

      Hapus

Popular Posts

Instagram