Cara Menghadapi Writer Block?

Juli 26, 2017

Hasil gambar untuk gambar orang writer block
travellers.web.id

Apa itu Writer block? Bagi para penulis, mungkin sudah tak asing oleh kalimat tersebut. Ada dua macam writer block. Yaitu, satu, ketika seseorang memiliki ide, namun kesulitan untuk menulis, karena terlalu sibuk. Kedua, ketika seseorang ingin menulis, kemudian blank. Tak tahu apa yang harus ia curahkan! So, kalian masuk kategori yang mana?


Untuk saya pribadi, terkadang bahkan nyaris selalu terkena writer block, kategori yang kedua. Ya, saya akui, begitulah adanya! Lalu apa yang akan saya lakukan ketika writer block melanda? So, cekidott!!

  • Mendengarkan Musik

Ini adalah cara yang ampuh buat saya, ketika writer block tengah melanda. Terutama untuk lagu jejepangan, ketika saya mengerti artinya, maka dengan mudahnya saja ide mengalir di benak. Ya, itu mungkin karena liriknya yang membuat kita menjadi bisa terbayang akan sesuatu, ditambah melodi yang seakan mendalami bagian tersebut. Sehingga, datanglah ide tersebut.

  • Jalan-jalan dan Melihat Hamparan Langit.

Kenapa jalan-jalan? Karena seorang penulis, itu sangat membutuhkan udara segar. Bersosialisasi terhadap sesama, itu pun menjadi poin penting. Kenapa? Kita adalah seorang penulis yang mungkin akan terus bergelut di depan sebuah monitor. Maka, kita membutuhkan itu semua membuat kita bisa selalu open minded. Dan, ide pun akan terasa mudah tersaring dan kita pun semakin peka akan sekitar.

Lalu, kenapa melihat hamparan langit? Entah, ini mungkin hanya saya pribadi. Ketika saya melihat luasnya hamparan langit. Maka, saya bisa bersyukur selalu atas nikmat-Nya. Dan, ketika melihat hamparan luas langit itu, ide seakan beterbangan mencari tempat singgah.

  • Menonton Film

Sebenarnya, ini kecil kemungkinan buat saya. Kenapa? Karena, ketika saya menonton sebuah film, itu akan membuat saya candu. Dan, lupa bahwa waktu terus berjalan. Sehigga lupa untuk selalu produktif!

But, ini bukanlah tak benar. Ini termasuk! Karena ketika kita menonton sebuah film, kita akan mengamati bagaimana alur sebuah film luar negeri khususnya, berjalan dengan alur yang sulit ditebak. So, let`s do it!

  •  Melihat Sebuah Gambar

Ini pun sama.  Tak begitu bekerja untukku. Tetapi, ini sangatlah bagus! Lebih bagus dari sebuah lagu yang terbatasi oleh lirik, dan lebih bagus dari alur film yang mungkin terbatas. Gini, dalam sebuah gambar. Kita bebas menilai apapun, kita bisa meliarkan imajinasi sejauh apapun. Karena, sebuah gambar akan menghasilkan banyak makna.

  • Banyaklah Membaca!

Yaps! Inilah poin terpenting. Yang hingga saat ini pun, saya masih suka terhiraukan. Karena salah satu penyebab dari writer block adalah kurangnya membaca. Karena tulisan kita, pengaruh dari apa yang kita baca. So, dengan membaca kita akan terus belajar dan berkembang!


Itulah yang saya rasakan, ambil baiknya, dan buang buruknya ya! Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

19 komentar

  1. Melihat hamparan langit... Wihhh great idea.. Blh di coba tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum ka, itu bekerja bet. hihi

      semoga berhasil ka:)

      btw, makasii udah mampir :)

      Hapus
  2. Wah tips yang bermanfaat nih buat saya yang sering writte block.. bookmark dulu ya ka iput.. heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ahahha

      oke, selamat mencoba!

      dan, terimakasih telah berkunjung bang :)

      Hapus
  3. Kalau saya mbak lebih ke hal seperti lihat2 gambar, apalagi alhamdulillah skrng lagi belajar mendesain, writer block nya saya ajak ngedesain gambar buat ikutan lomba aja :D

    BalasHapus
  4. Kalau saya mbak lebih ke hal seperti lihat2 gambar, apalagi alhamdulillah skrng lagi belajar mendesain, writer block nya saya ajak ngedesain gambar buat ikutan lomba aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah! kk mah kerenn hihi.

      ajaarin iput disen dong hihi.

      btw, makasi udah mampir:)

      Hapus
  5. Nice info iputtt, thanks yaa atas sharingnyaaa... :)

    BalasHapus
  6. Kalau saya melihat hamparan langit, justru ide tanbah buntu. Liat aja tuh langit, kosong melompong. Yah seperti keadaan otak saat ini. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha, setiap orang memang memiliki caranya masing-masing, Ustadz:)

      makasii udah mampir:)

      Hapus
  7. Boleh dicoba nih idenya, saya kayanya lagi kena WB sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasii yak Uncle:)

      i`m so happy hihi

      Hapus
  8. Kalo menurut pengalaman saya pribadi sih untuk mengatasi mandek ide bisa dengan jalan jalan berkunjung ke blogg temen temen bisanya suka dapet referensi, dan untuk memandang lagit belom dicoba kayaknya bisa work dan ide nya bagus juga :D makasi ya mbak salam kenal dahh dari saya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iyak betul, Kak. banyak baca juga pengaruh besar hihi.

      iyak, silahkan dicoba. makasii sudah mampir :)

      Hapus
  9. Wah bener banget tuh de, kalau saya pakai cara nonton film. Tentu aja bukan film komedi ato horor ya. HEhe thanks for sharing

    BalasHapus
  10. Melihat langit, unik nih. Kalau yang lainnya mah biasa ya. Rata-rata kan tipsnya hampir sama. Makasih Iput

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram