Workshop Bersama Mba Ani Berta!

Juli 16, 2017

Assalamu`alaikum, Minna-san. Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan-Nya ya, Aamiin.
Kalian weekend ini kemana aja? Oke baiklah, saya akan sedikit sharing tentang weekend yang mengesankan ini ya! Happy reading!


Pada Minggu, 16/Juli/2017. Acara workshop tentang “Hobi menjadi Profesi” di Gedung Republika. Dan, narasumbernya Ani Berta. Seorang founder Komunitas Indonesian Social Blogpreuner. Beliau adalah seorang single parent yang luar biasa. Nggak percaya? Kalau gitu, mari baca hingga tuntas!
Taked by omstemm.com

Mba Ani Berta, pada sesi pertama memberikan sebuah tutorial cara untuk membuat blog. Karena, supaya yang belum memiliki blog bisa segera action sekarang juga. Dan, beliau memberikan tutorial singkat tetapi begitu jelas, dan mudah di mengerti bagi siapa pun.

Taked by http://penkpenk.blogspot.co.id/

Setelah, dipastikan para peserta workshop sudah memiliki blog. Barulah, beliau lanjut ke tahap selanjutnya. Yang benar-benar dinantikan oleh kita para Blogger Jakarta. Ya, saya ke Gedung Republika ini berkumpul dengan lima orang Komunitas Blogger Jakarta. Yaitu, Om Stemm, Kak Risma, Kak Dewangga, Kak Nida, dan Bang Oji bersama sang Istri. Dan, satu orang dari Komunitas One Day One Post. Yaitu, Kak Septian.

Oke, kembali ke pembahasan. Pertama-tama Mba Ani Berta story telling beberapa pengalaman beliau yang luar biasa. Beliau sering mendapatkan job review, itu yang lumayan biasa. Satu hal yang membuat saya dan nyaris semua orang yang berada di ruangan tercengang adalah, ketika beliau cerita pernah juga mendapatkan tawaran Menulis dari Perusahaan yang itu butuh survey hingga ke NTT. Dan, tiket pesawat Pulang Pergi ditanggung, hotel bebas milih, dan dibayar sekian juta/Hari. What do you think? It`s so awesome! Dan, uang saku berbeda lagi. Sungguh, itu benar-benar membuat kita para calon blogger hebat (Aamiin) tercengang mendengarnya.

Adakah yang tidak ingin mendapatkan tawaran seperti itu? No, kemungkinan besar kita semua pasti akan menerima tawaran tersebut. Apakah ketika mendengar hal seperti itu, apakah kita berharap demikian? Mungkinkah bisa?

Ya, nothing is impossible in the world! Selama kita yakin, dan mau berusaha. 

Dan, perlu kita ingat ya! Bahwa hal seperti itu tidak mungkin sulap `Jreng` dan bisa langsung seperti Mba Ani Berta yang luar biasa. Beliau berkata yang cukup menjadi pacuan saya untuk terus tanamkan semangat membara ini. Kurang lebih seperti ini perkataan Beliau,“Karena saya menikmati sekali sebuah proses. Ya, untuk kalian. Nikmatilah sebuah proses! Hingga, suatu saat ada keberhasilan yang menantimu di depan sana!”

Beliau juga memberi tips dan trik agar kita bisa dilirik oleh sebuah Brand untuk job review, atau mengajukan proposal pada sebuah Perusahaan. Yaitu, ketika harus bisa menkonsistenkan diri kita, Jika sehari satu post tidak sanggup, minimal satu pekan satu post. Lalu, konsistenlah! Yang pada intinya, kita harus liat kualitas tulisan, juga blog kita. Apa yang akan Perusahaan itu dapatkan jika bekerja sama dengan kita? Juga apakah kita sudah pantas mendapatkan hal tersebut. Ya, intropeksi diri. Karena, dengan begitulah kita bisa terus belajar!

Pokoknya, jangan pernah menyerah. Dan teruslah belajar! Terima kasih banyak atas ilmu dan inspirasinya Mba Ani.

Dan, ada satu orang lagi yang ingin saya beritahu disini. Seorang lelaki yang sudah tua renta, duduk di depan barisan saya. Saya terpana melihatnya! Karena hanya beliau yang menarik perhatian saya sejak awal. Beliau terduduk di tengah barisan depan saya, fokus dan ditemani laptopnya.

“MasyaAllah, luar biasa semangat belajarnya!”gumam saya. Jujur, sontak saya merasa malu yang masih muda belia terkadang selalu dijangkit penyakit malas. Dan, ada segmen beliau mengangkat tangannya.

Akhirnya beliau memperkenalkan diri,”Nama saya Dian Kelana.” Dan, beberapa orang pun dibuat tercengang lagi. Saya pribadi hanya sekadar familiar oleh namanya, dengan gerak cepat saya mencari di google. Ya, beliau seorang penulis Kompasiana. Umur beliau 62 tahun. Ya, ini membuat seruangan riuh oleh tepuk tangan. Dan, beliau ternyata telah menuliskan sejarah hidupnya, yaitu otobiografi. Yang diberikan satu untuk orang yang beruntung.

Saya sungguh, malu. Dan benar-benar semakin ingin kembali bangkit dan semangat. Bahkan, beliau pun masih rela pergi ke workshop ini demi mendapatkan sebuah ilmu. Luar biasa!

It`s speechless! Weekend yang sangat berkesan!

Terima kasih banyak ilmunya Mba Ani Berta, sukses selalu ya!
Terima kasih untuk Pak Dian Kelana, sehat selalu ya, Pak. Dan terus berkarya!

Terima kasih untuk para Panitia, karena sudah buat kita bisa berkumpul dalam segudang ilmu. Semoga berkah, Kak!

Dan, terima kasih juga untuk pihak Republika. Yang sudah kasih tempat untuk acara keren dan yang luar biasa ini. Semoga selalu lancar, dan maju terus untuk Republika!


Sekian, saya Iput. Undur diri, Wassalamu`alaikum.

#WorkshopRepublika
#Repzoneid


You Might Also Like

22 komentar

  1. Betul de, banyak orang yang berharap mendapat penghasilan dari Blog atau aktifitas menulis namun tidak melakukan apapun bahkan jika dibilang menulis itu pun hanya satu konten perminggu, tentu itu akan sulit.

    Jika ingin mendapat penghasilan dari aktifitas menulis, terlebih dahulu harus show off, istilah marketingnya namanya Inbound Marketing. Tunjukin dulu apa yang kita bisa.

    Good Job!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, setuju. hihi.

      Makasiii paketu:)

      Hapus
  2. Keren ya bu Ani Berta, biarpun penghasilannya dalam sebulan tidak tetap tapi beliau yakin hobby jadi profesi

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, om. mba Ani emang warbiasyah :)

      Hapus
  3. Menjadikan hobby itu sebuah pekerjaan itu keliatannya emang enak bgt ya.. semua orang pasti tergiur. Termasuk kakak dek. Tapi untuk itu dibutuhin banget nyemplung seluruh badan dan nyemplung sampe ke dasar.
    Buat kakak itu artinya sama dgn siap jadi freelancer full time dan kakak belum punya keberanian sampai kesana.


    Bdw.. kakak jadi ngefans sama mba ani berta. Ada link blognya kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iyap iput ngerti. dan iput pun begitu hehe.

      coba deh cek lagi, iput make backlink ke blognya Mba Ani ko ka:)

      Hapus
  4. Mantap put, semangat buat dapet duit #ehh 🙊🙊🙊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha skripsweet dulu oyy wkwkw

      Hapus
  5. Ternyata Ngeblog itu bisa dijadikan sebagai hobby dan profesi. Jika kita yakin dengan apa yang akan kita lakukan selagi itu baik dan banyak faidahnya kenapa tidak dilakukan sekarang,. BTW mba Ani Berta keren sekali ya bisa di gaji sehari 1.5 juta .. yeyyyy. Aku kapan ya .. 😂😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, setuju. why not? ahahaha

      Aamiin pasti bisa :)

      Hapus
  6. Sharing Mba Ani dan Pak Dian yang super duper keren yang membuka hati saya untuk konsisten menulis di blog... Mantaap Djiwaa... #ProkkProkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul betul. setujuuu. menggunggah bet hihi.:)

      Hapus
  7. Sebenarnya cerita seperti mba Ani Berta itu tidak asing lagi bagi seorang blogger.
    Cuma cara untuk mencpainya yang sulit dek...
    Kita sebagai penulis tentu harus konsistensi dengan hobi kita tersebut agar mendpatkan hasil yang maksimal...
    Tetap semangat yah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoo, jadi hal itu udah biasa untuk seseorang yang menulis dengan serius yak ka? semoga iput selalu semangat yak hihi

      Hapus
  8. Assalamu'alaikum Iput. Terimakasih ya, atas apresiasinya. Saya ikut blogshop Republika itu juga untuk men-charge semangat ngeblog saya yang belakangan ini agak sedikit menurun dan bad mood, juga karena aktifitas sehari-hari yang cukup menyita waktu dan pikiran, sehingga agak kurang fokus dan konsentrasi untuk update blog.

    Mudah-mudahan dengan workshop ini semangat dan konsentrasi menulisnya kembali lagi.

    Salam Ananda, semoga bisa bertemu lagi di acara yang lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumussalam, pak Dian. Aamiin yaAllah semoga kita bisa bertemu lagi yak, Pak :)

      sehat terus, Pak. :) dan, terus berkarya!

      Terimakasih banyak sudah berkunjung kesini :)

      Hapus
  9. Balasan
    1. hihi yuks yuks ntar next time ikut! :)

      Hapus
  10. Lebih semangat lagi ngeblognya ya Iput :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. siappp, insyaAllah bun

      terima kasih sudah mampir:)

      Hapus
  11. Selagi muda, berkaryalah sayangggg... tar kalau udah seumuran sayaaaaa, juga gak boleh males hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. siappp kaa.

      btw, makasii sudah mampir:)

      Hapus

Popular Posts

Instagram