Perpustakaan Nasional telah Resmi!

September 14, 2017

Assalamu`alaikum, halo, Minna-san! Gedung baru Perpustakaan Nasional RI telah resmi! Yeay! Ini menjadi kabar baik, untuk kalian para pecinta buku. Karena, pergi ke perpustakaan nggak kalah menarik dengan pergi ke mal besar. Kenapa? Mau tahu? Simak ya! Cekidot!!



Pada pagi tadi, 14 September 2017. Tepatnya di Jalan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat. Acara peresmian berlangsung dari jam 09.00 WIB, dengan berbagai rangkaian acara. Penampilan dimulai dari Angklung, Paduan suara, Anak bercerita, Musik Ferry dari Bandung, video Kaleidoskop Perpusnas, Ngobrol bareng Duta Baca Nasional, hingga peresmian oleh Bapak Presiden.

Baca juga: Perpustakaan Nasional Terbaru

Dan, mulai dari jam 12.00 WIB Perpustakaan Nasional telah resmi dibuka untuk umum. Nah, kalian udah bisa berkunjung ke tempat tersebut! Tempat Perpustakaan tertinggi, dengan 24 lantai. Kini menjadi sumber pengetahuan bagi Masyarakat Indonesia dan dunia. Perpustakaan menjadi pusat aktivitas edukatif, rekreatif, dan kultural.

Kemudian, menariknya lagi. Semua usia bisa menikmati Perpustakaan tersebut. Untuk para lansia, akan disediakan pelayanan khusus, termasuk koleksi dan petugas pendampingnya. Dan, tersedia ruang khusus laktasi (menyusui) sehingga, Ibu-ibu nggak perlu khawatir jika menemani buah hatinya bermain, membaca, bereksplorasi maupun berkreasi di Panggung kreasi.

Dan juga. Layanan inklusif, dibuat untuk melayani penyandang disabilitas dari segi sarana prasarana, koleksi, maupun ruangan khusus bagi disabilitas tuna netra. Gimana? Nggak kalah menarik bukan sama mal besar? Jadi, rekreasi bareng keluarga pun sangat rekomendasi disini. Selain hati senang, kita juga akan mendapatkan banyak ilmu di Gedung tersebut.


Lalu, apa aja sih Fasilitasnya?


meipurple.com

Fasilitas Gedung Perpustakaan Nasional tersebut, dilengkapi fasilitas komputer dan internet untuk layanan multimedia, naskah-naskah, peta, buku-buku langka, hingga layanan mikrofilm. Di samping itu, fasilitas baru layanan perpustakaan memuat ruang pameran (galeri), teater, aula berkapasitas 1.000 kursi, ruang telekonferensi, dan ruang-ruang diskusi yang dapat digunakan oleh para komunitas literasi.
Meipurple.com



Duh, saya ngetiknya aja sambil merinding, bahagianya kini ada wadah yang mendorong minat baca warga Indonesia! Oh iya, ini adalah lantainya serta kegunaannya, yaitu:


Lantai 2
  • Lantai 1 - Lobby Utama
  • Lantai 2 - Ruang Layanan Keanggotaan Perpustakaan dan Ruang Teater
  • Lantai 3 - Zona Promosi Budaya Baca 
  • Lantai 4 - Ruang pameran Koleksi Perpustakaan
  • Lantai 5 - Ruang Pustakawan
  • Lantai 6 - Data Center dan Musola
  • Lantai 7 - Layanan Anak, Lansia, dan Disabilitas
  • Lantai 8 - Layanan Audiovisual
  • Lantai 9 - Layanan Naskah Nusantara
  • Lantai 10 - Layanan Deposit
  • Lantai 11 - Monograf Tertutup
  • Lantai 12 - Ruang Baca Pemustaka
  • Lantai 13 - Layanan Repositori Terbitan Karya Indonesia
  • Lantai 14 - Layanan Koleksi Buku Langka
  • Lantai 15 - Layanan Refenrens
  • Lantai 16 - Layanan Koleksi Foto, Peta, dan Lukisan
  • Lantai 17 - 18 Kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia
  • Lantai 19 - Layanan Multimedia
  • Lantai 20 - Layanan Koleksi Berkala Mutakhir, dan Bidang Ilmu Perpustakaan
  • Lantai 21 - 22 - Layanan Monograf Terbuka
  • Lantai 23 - Layanan Koleksi Bangsa-bangsa di Dunia dan Majalah Terjilid
  • Lantai 24 - Layanan Koleksi Budaya Nusantara, Ekslusif Lounge dan Ruang Penerimaan Tamu Mancanegara.
Gimana? Menarik sekali, bukan? So, buruan langsung aja ke Gedung Perpustakaan Nasional, ya! Perpusnas bisa kalian download aplikasi yaitu IPUSNAS. Dan juga, akan ada event-event keren yang akan dilaksanakan Perpusnas. Jadi, silahkan kunjungi website resminya ya!

http://perpusnas.go.id

Yuk, budayakan membaca!

Sekian, semoga bermanfaat! Salam literasi!^^

You Might Also Like

10 komentar

  1. asikkk udah di buka!!! akhirnya setelah menunggu 1000 tahun lamanya di buka lagihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyak, kek. alhamdulillah buka sekarang *eh ahahah

      Hapus
  2. Balasan
    1. huum, kalo ke Jakarta harus banget kesini ya, kak!^^

      Hapus
  3. Weowe deh gedungnya. Fasilitas-fasilitasnya keren. Semoga menarik banyak orang untuk berkunjung dan meningkatkan minat baca :)

    BalasHapus
  4. Wuiiiih.... Ini ga datar 😱😱

    BalasHapus
  5. asik yaa, cozy bgt sekarang perpusnas
    smoga makin tinggi ya minat ke perpus masyarakat

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram