Tips Memilih Kosmetika Aman!

Desember 13, 2017

Assalamualaikum, halo minna-san. Apa kabar hari ini? Semoga selalu dalam lindungan-Nya yak, Aamiin.



Kalian para kaum wanita? Selalu make up kemana aja, bukan? Lalu kosmetik yang seperti apa yang kalian gunakan? Sudah pastikan itu aman dan berkualitas. 

Terkadang ada wanita yang berpikir, "Nggak peduli semahal apapun, yang penting aku bisa putih secepat mungkin." atau ada pula yang seperti ini, "Kalo ada yang murah, kenapa nggak?" 

Nah, girls! Kalian yang mana? Mau yang pertama atau pun yang kedua. Itu tetap salah! Lho, kok? Apa nggak boleh cari yang murah, cari yang instan berubah? No, nggak kok, girls. Hanya saja, kita harus lebih selektif lagi untuk memilih kosmetik. oke?
MC memulai acara

Pada hari Senin, 11 Desember 2017. Saya dan Kakak-kakak Blogger Jakarta diundang ke acara Aksi Peduli Kosmetika Aman yang diselenggarakan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di Gedung Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan. Yang diramaikan oleh perfomancenya Citra Scholastika, dan juga mengundang beberapa artis seperti Kak Ramzi, Kak Meyda, dan masih banyak lagi.

Perfomance Citra Scholastika

Pada kesempatan itu, BPOM RI mempublikasikan Obat Tradisional (OT) yang mengandung Bahan Kimia Obat (BKO) dan juga kosmetika yang mengandung bahan berbahaya yang ditemukan sepanjang tahun 2017 dalam bentuk peringatan publik/public warning. Bahan seperti apa saja yang berbahaya?

Banyak istilah dan macamnya. Dari mulai merkuri, bahan pewarna merah k3, merah k10, jingga k1, asam retinoat, hidrokinon dan lainnya.

Selama periode Desember 2016 hingga November 2017, Badan POM RI menemukan 39 OT mengandung BKO, 28 di antaranya tidak memiliki izin edar Badan POM RI (ilegal). Sementara pada tahun 2017, Badan POM RI juga menemukan 26 jenis kosmetika mengandung bahan berbahaya.

Akibat dari bahan berbahaya di atas tersebut, bukan hanya alergi, luka bakar, iritasi dan lainnya. bahkan, pada tahun 2016 ada yang hingga menyebabkan kematian. Serem, bukan?


"Sebagai langkah tindak lanjut, kami telah menarik OT mengandung BKO tersebut dari peredaran dan memusnahkannya. Pada tahun 2017 ini, pemusnahan telah dilakukan terhadap OT yang tidak memenuhi persyaratan senilai 23,9 miliar rupiah. Pembatalan nomor izin edar juga dilakukan terhadap OT yang sebelumnya telah memilki izin edar Badan POM RI, namun teridentifikasi mengandung BKO setelah beredar," jelas Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito.

Lalu?  Gimana caranya kita tahu kosmestik yang kita gunakan itu aman?

BPOM RI memberikan 5 langkah cerdas memilih kosmetika. Yaitu KLIKK. Lho, apa itu?

K: Kemasan
L: Label
I: Izin edar berupa notifkasi
K: Kegunaan dan cara penggunaan
K: Kadaluwarsa

  • Kemasan
  1. Pastikan kemasan kosmetik dalam keadaan baik (tidak rusak/cacat/jelek)
  2. Jangan Memilih kosmetika yang kemasannya rusak (menggelembung, penyok)
  3. Memiliki warna, bau, dan konsistensi produk baik
  4. Bentuk dan warna merata, stabil serta tidak ada bercak kotoran
  5. Pilih kosmetik dengan penandaan yang baik, tidak lepas atau terpisah dan tidak luntur sehingga informasi dapat terbaca dengan jelas.
  • Label
Pastikan label tercantum jelas dan lengkap. Setiap kosmetik wajib mencantumkan penandaan/label yang benar, meliputi:
  1. Nama Kosmetik
  2. Komposisi
  3. Nama dan Negara produsen
  4. Nama dan alamat lengkap pemohon notifikasi 
  5. Nomor bets
  6. Ukuran, isi atau berat bersih (netto)
  7. Peringatan/perhatian dan keterangan lain yang dipersyaratkan
  • Izin Edar Notifikasi
Pilihlah kosmetika yang telah memiliki izn edar berupa notifikasi dari Badan POM. Nomor notifikasi dari Badan POM ditandai dengan kode N diikuti 1 huruf dan 11 digit angka, yatu:

  1. NA 1234567891011, atau
  2. NB 1234567891011, atau
  3. NC 1234567891011, dan seterusnya. 
Pastikan legalitas kosmetika dengan melakukan pengecekan nomor notifikasi di website Badan POM www.pom.go.id atau notifikasi.pom.go.id

  • Kegunaan & Cara Penggunaan
Bacalah kegunaan dan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan sebelum memakai kosmetika.

Kegunaan dan cara penggunaan harus dicantumkan dalam bahasa Indonesia, kecuali untuk produk yang sudah jelas cara penggunaanya, seperti sabun mandi, sampo, lipstick,  dll. 

  • Kedaluwarsa
  1. Ingat!! Batas kedaluwarsa jangan sampai lewat, telitilah tanggal kedaluwarsa kosmetik sebelum membeli.
  2. Tanggal kedaluwarsa ditulis dengan urutan tanggal, bulan, dan tahun atau bulan dan tahun. 
  3. Contoh: exp. date: Febuari 2015 atau ed 02 2015.

Nah, gimana? Sudah sedikit lebih ngerti sekarang, bukan? 

Jika kalian masih ragu terhadap suatu produk kosmetik, kalian bisa cek dengan aplikasi terobosan baru yang kemarin di lauching oleh BPOM RI. 

Pasca Launching! 

Dengan terobosan baru ini akan menurunkan demand masyarakat terhadap OT mengandung BKO dan kosmetika mengandung bahan berbahaya, yaitu dengan aplikasi public warning

"Aplikasi ini merupakan program/aplikasi berbasis Android yang berisi daftar produk OT yang dinyatakan berbahaya melalui public warning Badan POM RI. Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat dalam memilih produk OT yang aman untuk mereka konsumsi, " papar Kepala Badan POM RI. 

Dan sebelum acara itu diakhiri, dilakukan penandatanganan (hand stamp) komitmen Peduli Kosmetika Aman oleh Kepala Badan POM RI beserta jajaran dan lintas sektor terkait, perwakilan asosiasi pelaku usaha kosmetika, perwakilan asosiasi profesi terkait kesehatan, serta para artis-artis dan tamu undangan. Termasuk Blogger Jakarta, hihi. 

Nah, jadi untuk kalian para kaum hawa. Mulai sekarang lebih cerdas lagi ya dalam memilih kosmetika! Jangan sampai ingin memperbaiki malah merusakan atau bahkan mematikan. Yuk, kita lebih selektif lagi dalam memilihnya! 

Sekian, thank you. 

Salam blogger~

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kosmetik yang kita pakai memang harus aman dan dijamin kehalalannya ya Dek Putri. Aku baru tahu nih tentang metode KLIKK. Terima kasih sharing info yang bermanfaat ini ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi kehalalan itu yang utaman bun. Sip misami๐Ÿ˜˜๐Ÿ’œ

      Hapus
  2. Bagus juga. Nanti bisa info si "dia" sebelum beli kosmetik. :D

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram