BPK Selamatkan Uang Negara!

Februari 05, 2018

Assalamualaikum, halo Minna-san! long time no see. Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan-Nya yak, Aamiin. Kali ini saya bakal bahas tentang BPK. Penasaran? Yuk simak!

Hasil gambar untuk bpk ri gambar
www.bpk.go.id

BPK, apasih BPK? Yaitu Badan Pemeriksa Keuangan, pasti tahu, bukan? Karena sedari tingkat dasar kita pun telah belajar tentang hal itu. Oke, kali ini saya akan coba bahas sedikit tentang BPK RI. Simak hingga selesai, ya!



Pada zaman ini, korupsi bukanlah hal yang teramat asing. Bahkan, merajalela. Bukan sekali dua kali saja, mendengar berita lagi lagi tentang korupsi. Yang akan berurusan dengan KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi dan juga, BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan. Keduanya sangat berperan penting dalam keuangan Negara.

Lho, tapi kenapa? Karena BPK Kawal Harta Negara, dengan cara memeriksa pengelolaan keuangan Negara. Lalu apasih BPK itu?

BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan, dibentuk pada 1 Januari 1947. Awalnya BPK dtetapkan untuk memeriksa tanggung jawab tentang keuangan negara yang peraturannya ditetapkan oleh Undang-Undang. Dan, diserahkan kepada DPR atau Dewan Perwakilan Rakyat, berdasarkan amanat UUD tahun 1945 dikeluarkan surat penetapan pemerintah pada 28 Desember 1946 tentang pembentukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Lalu, apa aja sih visi dan misinya?

VISI:

menjadi pendorong pengelolaan keuangan Negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaa yang berkualitas dan bermanfaat.

MISI:


  • Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara secara bebas, mandiri.
  • Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegrasi, independen, dan profesional.


Pencapaian cita-cita yang tertuang di dalam visi dan misi akan dilaksanaan oleh seluruh pegawai dengan berlandaskan pda nilai-nilai dasar. Pengen tahu? Yaitu, antara lain:


  • Integritas
Mereka membangun nilai integritas dengan bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan.
  • Independensi
Mereka sangat menjunjung tinggi independensi, baik secara kelembagaan, orgaisasi , maupun individu. Dalam semua hal yang berkaitan dengan pekerjaan pemeriksaan, mereka bebas dalam sikap mental dan penampilan dan gangguan pribadi, ekstern, dan/atau organisasi yang dapat mempengaruhi independensi.
  • Profesionalisme
Mereka membangun nilai profesionalisme dengan menerapkan prinsip kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan, serta berpedoman kepada standar yang berlaku.


Lalu, bagaimana kinerja dari BPK RI selama tahun 2017?

Sebagai lembaga yang lebih mengedepankan transparansi juga akunbilitas tak bisa dipandang sebelah mata karena pada semester I tahun 2017 lalu Badan Pemeriksa Keuangan Negara Republik Indonesia (PK RI) telah menyelamatkan keuangan Negara senilai Rp 13,70 triliun. Wah, jumlah yang luar biasa, bukan?

Jumlah nominal uang tersebut berasa dari penyerahan aset/penyerahan ke kas Negara, koreksi subsidi, dan koreksi cost recovery.

Keikutsertaan masyarakat saat ini sangat diperlukan untuk melangkah maju bersama BPK Kawal Harta Negara. Karena kerja keras BPK RI tidak berarti apapun tanpa dukungan dan doa seluruh masyarakat Indonesia.

Lalu, jika kita menemukan sesuatu yang tidak sesuai undang-undang. Gimana cara pelaporannya?

  • Menguraikan/menjelaskan kejadian.
Pengadu diharapkan untuk menguraikan/ menjelaskan sedetail mungkin tetang kejadian yang dicurigai sebagai bentuk penyimpangan pengelolaan keuangan Negara atau pun Daerah.

  • Memilih pasal-pasal yang sesuai
Pengadu diharapkan untuk menyecocokkan dengan pasal-pasal yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  • Menyertakan bukti awal (bila ada)
Jangan lupa masyarakat untuk menyertakan copy dokumen atau barang lain pada saat pengaduan/ laporan yang memperkuat uraian kejadian (bukti).

  • Menyertakan identitas pengadu (bila tidak keberatan)
Akan lebih baik jika pengadu menyertakan identitas dan alamat atau nomor telepon untuk memudahkan BPK pada saat membutuhkan keterangan tambahan dari pengadu.

Gimana? Sedikit lebih tahu lagi tentang BPK RI, bukan? Untuk kalian yang ingin mengetahui lebih dalam dan detail, silahkan berkunjung di www.bpk.go.id

Yuk, dukung Indonesia lebih maju! Dengan membenarkan harus kemana uang itu dberikan! 

You Might Also Like

7 komentar

  1. Yuk kita bersama-sama dukung BPK agar bekerja lebih baik lagi!

    BalasHapus
  2. yaps setuju, karena kita rakyat indonesia juga berperan dalam hal ini demi kemajuan Pengelola Keuangan Negara. Jadi kita memang kudu bekerjasama dan terus dukung BPK ini untuk kedepannya.

    BalasHapus
  3. Kawal harta negara, untuk Indonesia lebih maju

    BalasHapus
  4. kalau identitas pengadu enggak di publish boleh juga ya?

    BalasHapus
  5. Makasih lho put, jadi lebih tau kan bpk itu seperti apa dan bagaimana peran nya dalam mengawal Harta Negara.

    BalasHapus
  6. Tulisan yang bagus Iput. Cukup memberikan gambaran bagi kita semua tentang tugas mulia BPK dalam mengawal harta negara.

    Sekarang tinggal kitanya saja yang mudah-mudahan mau berpartisipasi...

    BalasHapus
  7. Bahasanya santai n ngalir, pas buat kita2

    BalasHapus

Popular Posts

Find Me on IG @meilanyputrii